Syarat KPR Rumah

Syarat kpr rumah. Dalam membeli rumah sering dihadapkan dalam beberapa pilihan. Cash keras, cash bertahap, atau kpr rumah. Tentu dalam memutuskan pembelian rumah perlu kecermatan tersendiri. Karena pembelian rumah merupakan salah satu pembelian terbesar dalam hidup seseorang.

Syarat KPR Rumah

Kali ini kita akan membahas lebih detail tentang syarat KPR Rumah. KPR terbagi dalam beberapa bentuk. yang pertama adalah KPR Konvensional. Kita tidak akan membahas kpr jenis ini karena masuk kedalam riba. Yang keda adalah KPR Syariah bank syariah. yang kedua ini kita perlu memperhatikan akad akadnya untuk memastikan akad nya benar sesuai syariah. Yang ketiga adalah kpr syariah langsung ke developer.

Bentuk kpr yang kedua dan ketiga akan lebih banyak di ulas didalam situs ini. Ketika mengajukan KPR tentu ada ketentuan dan syarat kpr rumah. Persyaratan umum yang biasanya ada ketika melakukan transaksi jual beli property secara cicilan atau kpr adalah sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) karena syarat dasar untuk memiliki property di indonesia.
  2. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Memiliki penghasilan tetap. Dalam hal ini dapat sebagai pegawai tetap, wiraswasta, atau profesional.
  4. Saat mengajukan permohonan kpr usia tidak lebih dari 50 tahun.
  5. Dokumen pelengkap seperti KTP, KK, Rekening koran (cetakan catatan rekening, bisa di mintakan di bank tempat menabung)

Syarat lain dalam KPR Rumah

Selain persyaratan diatas ada pula persyaratan lainnya. Misalnya untuk kpr syariah bank syariah mensyaratakan lolos BI checking. DP minimal 30 persen dari harga cash. Cicilan maksimum 30 persen dari total penghasilan suami istri.

Namun berbeda dengan kpr sariah ke developer. Dimana cicilan ke developer tidak harus melalui tahapan BI Checking. Sehingga bagi anda yang terbentur BI Checking dapat memilih opsi kredit rumah ke developer.

KPR Langsung ke Developer

Syarat kpr rumah langsung ke developer biasanya bisa di kompromikan. Salah satu kelebihannya adalah tanpa BI Checking. Sehingga bagi seseorang yang sebenarnya mampu untuk DP dan cicilan namun terbentur BI chcking, dapat memilih solusi ini. Besaran DP dan cicilan dapat di bicarakan. Karena tidak melibatkan pihak ketiga.

Cara kpr seperti ini diperkenalkan oleh developer property syariah. Dimana perkumpulan ini adalah perkumpulan para developer yang menjual perumahan dengan cicilan langsung tanpa bank. Biasanya property yang dijual dilabeli dengan nama rumah syariah. Sudah banyak perumahan yang dipasarkan. Misalnya :

rumah syariah Abbi Garden di Bogor

rumah syariah abbi garden bogor

rumah syariah Sakeena Residence di Cibinong

sakeena residence rumah syariah cibinong

dan masih banyak lainnya

Pilihan lain bisa di lihat di link berikut

Rumah KPR Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *